WELCOME



Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini ^-^





Senin, 13 Februari 2012

Daftar Nama Asam-Basa Kuat & Lemah

Asam Kuat :
1. Asam klorida (HCl)

2. Asam nitrat (HNO3)
3. Asam sulfat (H2SO4)
4. Asam bromida (HBr)
5. Asam iodida (HI)
6. Asam klorat (HClO3)
7. Asam perklorat (HClO4)

Asam lemah :

1. Asam format (HCOOH)
2. Asam asetat (Asam cuka) (CH3COOH)
3. Asam fluorida (HF)
4. Asam karbonat (H2CO3)
5. Asam sitrat (C6H8O7)
6. Asam sianida (HCN)
7. Asam nitrit (HNO3)
8. Asam borat (H2Bo3)
9. Asam silikat (H2SIO3)
10. Asam antimonit (H2SbO3)
11. Asam antimonat (H2SbO4)
12. Asam stanat (H2SnO3)
13. Asam stanit (H2SnO2)
14. Asam plumbat (H2PbO3)
15. Asam plumbit (H2PbO4)
16. Asam oksalat (H2C2O4)
17. Asam benzoat (C6H5COOH)
18. Asam hipoklorit (HClO)
19. Asam sulfit (H2SO3)
20. Asam sulfida (H2S)
21. Asam fosfit (H3PO3)
22. Asam fosfat (H3PO4)
23. Asam arsenit (H3AsO3)
24. Asam arsenat (H3AsO4)
25. Asam flosianat (H5CN)
26. Asam finol (C6H5OH)
27. Asam askorbat (C5HO6)
28. Asam laktat (C3H5O3)


Basa kuat :

1. Litium hidroksida (LiOH)     
2. Natrium hidroksida (NaOH)
3. Kalium hidroksida (KOH)    
4. Kalsium hidroksida (Ca(OH)2)
5. Rubidium hidroksida (RbOH)
6. Stronsium hidroksida (Sr(OH)2)
7. Sesium hidroksida (CsOH)
8. Barium hidroksida (Ba(OH)2)
9. Magnesium hidroksida (Mg(OH)2)
10. Berilium hidroksida Be(OH)2)

Basa lemah :

1. Amonium hidroksida (NH4OH)
2. Aluminium hidroksida (Al(OH)3)
3. Besi (III) hidroksida (Fe(OH)3)
4. Amoniak (NH3)
5. Besi (II) hidroksida (Fe(OH)2)
6. Karbosium hidroksida (CA(OH)3)
7. Nikel hidroksida (Ni(OH)2)
8. Seng hidroksida (Zn(OH)2)
9. Kadmium hidroksida (Cd(OH)2)
10. Bismut hidroksida (Bi(OH)3)
11. Perak hidroksida (Ag(OH))
12. Emas (I) hidroksida (Au(OH))
13. Emas (III) hidroksida (Au(OH)3)
14. Tembaga (I) hidroksida (Cu(OH)2)
15. Tembaga (II) hidroksida (Cu(OH))
16. Raksa (I) hidroksida (Hg(OH))
17. Raksa (II) hidroksida (Hg(OH)2)
18. Timah (II) hidroksida (Sn(OH)2)
19. Timah (IV) hidroksida (Sn(OH)4)
20. Timbal (II) hidroksida (Pb(OH)2)
21. Mangan hidroksida (Mn(OH)2)
22. Kobalt (III) hidroksida (Co(OH)3)
23. Kobalt (II) hidroksida (Co(OH)2)
24. Anilia (C6H5NH2)
25. Dimetilamina ((CH3)2 NH)
26. Hidrasim (H2NNH2)
27. Hidroksilamida (HONH2)
28. Metilamina (CH3 NH2)
29. Urea (H2NCONH2)
30. Glukosa (C6H2O6)
31. Metil hidroksida (CH3OH)

30 komentar:

  1. Balasan
    1. asam nitrit HNO3, HNO2 itu asam nitrat

      Hapus
    2. HNO3 itu asam nitrat, kalo HNO2 itu asam nitrit

      Hapus
  2. bukan nya asam kuat bisa di singkat2 yah ?
    1. asam halida kec(HF)
    2.asam alat dan peralat yah?

    BalasHapus
  3. H2PbO3 & H2PbO4 itu bkan asam,,
    tp itu basa,,
    krna Pb itu logam,

    BalasHapus
  4. Terima kasih sangat membantu , namun lagunya sempat mengganggu saat saya membaca :)

    BalasHapus
  5. terimakasih sekali, materinya sangat membantu. nomer hape dong sekalian :3

    BalasHapus
  6. HNO3 itu emng asam nitrit walaupun seharusnya dia asam nitrat

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Bukannya alkali&alkali tanah emang semuanya buat basa kuat KECUALI Be sama Mg, ya?
      *NH4F itu garam ammonium, pers reaksinya

      Gas amonia + asam --> garam ammonium
      NH3(g) + HF --> NH4F

      Hapus
  8. kalau antimonit sma antimonat itu sama apa beda ya?

    BalasHapus
  9. sumbernya dari mana nih? tolong dicantumin dong ka, biar lebih tepercaya. makasihhh

    BalasHapus
  10. Musiknya diremove please biar nggak mengganggu. Thanks anyway :)

    BalasHapus
  11. makasiiih :)
    mbantu banget ^^

    BalasHapus
  12. Kenapa harus ada lagunya segala ?

    (mengganggu)

    tapi blognya bgus

    BalasHapus
  13. Mg(OH)2 itu basa lemah

    BalasHapus
  14. Mg(OH)2 itu basa kuat , karena termasuk golongan IIA

    BalasHapus
  15. Be(OH)2 dan Mg(OH)2 tidak termasuk basa kuat, padahal Ca(OH)2, Sr(OH)2 dan Ba(OH) merupakan basa kuat. Hal ini disebabkan karena dalam satu golongan, semakin ke bawah suatu unsur maka sifat basanya akan semakin kuat, sedangkan kalau dilihat secara umum, semakin ke kiri suatu golongan maka sifat basanya semakin kuat.

    Be(OH)2 dan Mg(OH)2 memiliki jari2 atomik yang kecil sehingga mengakibatkan ukuran kationx juga kecil, ukuran kation kecil memberikan ikatan yg kurang kuat. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh nilai potensial keduanya yang rendah dimana potensial reduksi Be2+ ad/ -1,85 dan Mg2+ -2,36. Kecilnya nilai potensial reduksi menyebabkan kereaktifan dari unsur trsebut dalam senyawa juga kurang/kecil.
    Source:
    Kimia anorganik II

    BalasHapus

Silahkan isi kritik, saran, ataupun komentar Anda. Karena itu sangat membantu bagi saya... :)